Jawaban Buat Pertanyaan Tentang Gigi

Beberapa minggu terakhir saya sangat disibukkan oleh aktivitas yang memerlukan fokus yang tidak sedikit. Akibatnya saya tidak pernah bisa rutin ke warnet dan online. Tulisan yang saya terbitkanpun merupakan tulisan berjadwal yang muncul secara otomatis diblog ini. Akibatnya permintaan tukaran link dan pertanyaan yang ada di kolom komentar tidak pernah saya bisa jawab dengan baik. Sebenarnya, saya berencana untuk berlangganan speedy di rumah. Tetapi karena dana yang ada belum mencukupi, jadi terpaksa keinginan itu tertunda sampai akhir bulan 4. Doakan ya teman-teman! Semoga rencana saya itu bisa terwujud.

Itu dulu sebagai pengantar. Dalam 2 minggu terakhir ini, tercatat 6 pertanyaan yang masuk lewat fasilitas komentar di artikel dan shoutbox. Baiklah, saya akan mencoba mencarikan solusi permasalahan dari mbak-mbak dan mas semua (kebetulan yang nanya hampir semuanya ibu-ibu).

Dari Mbak Renny :
pak dokter saya kebetulan tinggal di qatar dan paling takut sama yg namanya drg, jadi obat2 yg saya bawa sampai saat ini jika gigi sakit adalah:
mefinal 250 mg /nimmost 100mg kalu to bengkak cataflam 25 mg , gima tu dokter ? btw thks da visit lama absen ngeblog
Jawab :
Selamat datang diblog ini mbak! Maaf juga baru di balas. Sayang sekali saya tidak punya buku MIMS (daftar obat-obatan). Tetapi, jikalau obat yang mbak konsumsi itu analgesik (penghilang rasa sakit), maka harus dikontrol baik-baik penggunaannya. Saya takutkan obat-obatan analgesic yang mbak minum itu mengandung asam mefenamat yang dapat mengiritasi lambung. Jadi harus hati-hati mbak! Selain itu, penggunaan analgesik berlebihan dapat meningkatkan ambang batas respon mbak terhadap analgesic tersebut. Contohnya, kalau mbak sebelumnya butuh dosis 250 mg rasa sakitnya sudah hilang, maka akibat konsumsi rutin, dosis yang diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit bisa meningkat menjadi 500 mg.
Lagipula, kalau obat-obatan yang mbak minum itu antibiotik. Malah akan menambah resistensi mikroba yang hendak dimatikan. Karena keseringan digempur, mikrobanya malah bertambah kuat. Ujung-ujungnya akan terjadi ketidakseimbangan flora normal dalam tubuh mbak. Kalau cataflam sih saya tahu, dia obat anti bengkak/radang. Tapi…kalau cuma gejalanya doang di sembuhkan tapi penyebabnya gak dihilangkan sama saja bohong khan mbak? Efeknya Cuma sesaat, tapi hasilnya bisa mbak rasakan terus menerus.
Jadi, saran saya, jangan takut ke dokter gigi! Bersyukurlah hidup di zaman ini, dimana supervisi akan kinerja dokter dan teknologi kedokteran sudah meningkat pesat. So? Tunggu apa lagi?
Terakhir, saya belum dokter, tapi terimakasih atas doa mbak-mbak semua.hehehe

Dari Mbak Dyah
Pak Dokter Iqbal,
Apa benar obat2an dan vitamin juga bisa meninggalkan noda pada gigi? Soalnya saya baru menyadari nih, anak saya kok giginya lebih kuning daripada gigi sepupunya. APa karena dia sering sakit dan jadi sering minum obat?
Kyknya tiap gosok gigi selalu saya cek dan gosok juga secara cermat gitu...tapi kok masi kuning saja.
Ada komentar dok?
Jawab :
Obat-obatan dan vitamin bisa menimbulkan noda pada gigi jika tidak segera dibersihkan. Tapi secara sistemik, jika di konsumsi dengan bentuk oral (diminum) saya belum mendapatkan penelitian yang mengatakan bisa berpengaruh pada warna gigi. Karena obat/vitamin itu langsung diproses oleh lambung. Tapi kalau obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, bisa sangat berpengaruh pada anak yang dikandungnya. Contoh : konsumsi obat tetracycline dapat menyebabkan efek tetracycline staining pada gigi. Bentuknya berupa warna kuning yang pekat pada gigi, dan tidak bisa hilang. Karena warna tetra tersebut sudah bercampur dengan warna email. Solusinya dari segi estetis dibuatkan mahkota jaket pada seluruh gigi yang berada pada garis ketawa.
Gtu aja yang saya tahu mbak. Makasih dah berkunjung.

Dari Mbak Rina
Dokter, belakangan saya suka mengeluh sakit pada tulang rahang belakang gigi geraham, sakitnya juga menyebabkan sakit migrain, ada saran nggak dokter??? Makasih ya dokter...:)
Jawab :
Wah, ini dia nih yang paling rajin komentar diblog saya. Terimakasih ya mbak atas kunjungan2nya. Berarti gigi mbak impaksi. Solusinya? Cepat ke dokter gigi untuk diambil foto rontgennya. Biar diketahui, terapi apa yang akan diberikan. Buruan mbak! Sebelum mbak terlalu tua dan tulang-tulangnya belum terlalu padat. Entar susah diangkatnya gigi itu. Pernah lihat orang yang di opname karena nyuekin impaksinya? Saya sudah sering tuh! Bahkan ada yang koma! Bukan nakut-nakutin, tapi lebih baik dicegah sebelum terlambat. Toh gigi itu juga gak punya fungsi dalam mekanisme pengunyahan. Gitu aja saran saya mbak. Makasih lagi….

Dari Mbak Rina lagi…
Dokter yang budiman, anakku usianya 4 thn, dan pada lidahnya sering terlihat bercak2 putih seperti jamur. Perkiraanku itu dari mainan yang sering ia masukkan ke dalam mulutnya. Terkadang dalam beberapa hari,bercak ini menghilang dengan cukup saya gosok dengan sikat gigi. Apakah perlu dikonsultasikan ke dokter ahli mulut atau gigi ya??? Makasih sebelumnya atas jawabannya...:)
Jawab :
Kemungkinan besar itu candidiasis mbak. Tahu gak keputihan yang sering menimpa daerah sensitif wanita? Itu sama jenisnya dengan yang terjadi pada lidah anak mbak. Cara mbak sudah bagus. Sikat aja bersih-bersih lidah anaknya. Tapi jangan terlalu keras, entar lecet malah tambah berabe. Kalau masih belum hilang juga, coba beli obat-obatan yang mengandung nystatin. Tapi kalau belum hilang juga, ke dokter gigi deh. Tapi, kayaknya lidah anak mbak gak terlalu parah dari deskripsinya. Hehehe
Terimakasih…lagi…

Dari Kakve
gak ngerti...:D
tapi mau tanya nih mas...
gigi gerahamku yang paling belakang itu kalo kumur air itu suka berdarah, darahnya banyak, kadang yang kiri, kadang yang kanan, kadang juga hilang ndiri, itu kenapa ya,,makasih..
btw, ini kunjungan perdanaku, leh kita bertukar link kawan, makasih, linknya udah kupasang :)
Jawab :
Linknya dah terpasang . Silahkan dilihat!
Mungkin kakve menderita impaksi, sehingga gigi geraham belakangnya mengalami nekrose. Sebelum terlalu parah, ada baiknya mbak segera ke dokter gigi untuk diperiksa. Mumpung masih muda, entar kalau sudah tua, tulangnya jadi keras dan padat. Belum lagi kalau keadaan tubuh tambah lemah. Biasanya, kalau gigi mbak impaksi, akan difoto roentgen. Disitu bisa diketahui, apa yang terjadi dengan gigi mbak, dan bagaimana posisi impaksinya.
Itu aja yang saya bisa Bantu . Soalnya saya gak liat langsung, jadi gak bisa menentukan. Makasih atas kunjungannya…

Dari Mbak Kurnia
Iqbal..gmn caranya mbenahi gigi anak yg sdng mengalami ptumbuhn gigi prmanennya spy rapi?gigi susu anaku sdh tanggal2 dignti yg prmanen, tapi gk rapi
Jawab:
Dikontrol ke dokter gigi mbak. Dokter gigi bisa menentukan gigi mana yang seharusnya sudah tanggal mana yang belum. Dokter gigi juga bisa membuatkan kawat gigi untuk mengatur gigi anak mbak yang berjejal. Saya sarankan memakai kawat gigi lepasan bukan permanen. Selain lebih murah, pada umur anak-anak tulang pendukung gigi belum keras dan terlalu padat. Sehingga mudah untuk didorong-dorong oleh tenaga kawat gigi. Tetapi kalau mbak gak ada kesulitan dengan duit, kawat gigi permanen juga gak kalah bagus. Terimakasih atas kunjungannya…

7 Responses to "Jawaban Buat Pertanyaan Tentang Gigi"

  1. makasih,,, jawabannya cukup mengkhawatirkan.. :D..

    oke,,
    btw tapi aku bukan mbak, bukan santi malah,,:D..
    mas,, mas afan,, salam kenal hehehe..:D

    ReplyDelete
  2. makasih banyak Pak Dokter... jawabannya cukup melegakan :D Aku baru ingat, anakku yang pertama dulu juga pernah pake obat tetes lidah mycostatin kalo nggak salah namanya...

    sekali lagi makasih banyak Pak dokter budiman, semoga harapan berlangganan speedy cepat terwujud...amiin... :)

    ReplyDelete
  3. Dok, mau bantu aja..Mefinal itu asam mefenamat, dan Cataflam itu diclofenac. Salam sejawat..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas bantuan dr. Vicky. Maklumlah masih koas...hehehehe

    ReplyDelete
  5. sorry sobat baru muncul lagi so aq baru dari luar daerah and disana kagak ada koneksi internet……..
    Tapi sekarang dah aq buat postingan baru……
    jangan lupa singgah baca yah untuk menambah pengetahuan….

    ReplyDelete
  6. mau ikut tanya dok, soalnya mo tanya dengan dokterku langsung, mesti jawabannya bagus2 hehe.
    saya cuma mau tau, efek kalo pake kawat gigi permanen (otho) kelamaan ada ga?misal kita udh lepas (sy diprediksi juni) ada indikasi berubah lagi ga? spy tetep rapih apa penting masang yg lepas copot? gigi saya dulu kebanyakan,plus gingsul kanan kiri. masalahnya dari sd sy pake, trus skg udah gede pake lagi.. sempet dicopot krn dokternya hamil dan saya pindah ke jkt. makasih ya dok atas jawabannya

    ReplyDelete