Kalkulus Atau Karang Gigi


Kalkulus merupakan kelanjutan dari plak. Kalkulus adalah massa yang mengalami kalsifikasi pada permukaan gigi asli dan prothesa. Jikalau plak dapat diangkat dengan menyikat gigi dan flossing, maka kalkulus hanya dapat dibersihkan oleh mekanisme yang dilakukan dokter gigi. Kalkulus akan mengantarkan anda secara langsung kepada infeksi kronis dan peradangan. Jadi, kalau anda ingin gigi anda infeksi atau meradang, silahkan saja pelihara dan sayangi kalkulus di rongga mulut anda.

Sejarah kalkulus
Kalkulus dikenal sebagai keadaan klinis yang berhubungan dengan penyakit periodontal. Sejak abad ke-10 , Abu Casis dan Cordova telah mendesain alat-alat scaling untuk membersihkan kalkulus pada pasien dengan penyakit periodontal. Fauchard (1728) menyebutkan kalkulus dengan nama “ tar-tar” oleh Slime yang terakumulasi pada permukaan gigi, merupakan penyebab paling tinggi tanggalnya gigi akibat kelalaian membersihkan gigi.

Kalsifikasi kalkulus yang ada hubungannya dengan gingival margin :
1.Kalculus supra gingival = salivary calculus = di atas gusi
2.Kalculus sub gingival = selumnair calculus = di bawah/dalam gusi

Kalkulus supragingiva

Kalkulus supra gingival (visible calculus) berada pada mahkota/kepala gigi dan nampak dari rongga mulut, Warnanya putih atau putih kekuningan, konsistensinya seperti tanah liat, mudah dilepaskan dari permukaan gigi, dapat dibentuk lagi dengan cepat setelah gigi dibersihkan khususnya terdapat di bagian permukaan gigi yang dekat dengan ujung lidah pada rahang bawah. Warna kalkulus ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tembakau atau pigmen dari makanan. Kalkulus dapat terjadi pada satu gigi atau sekelompok gigi. Pada kasus yang lebih berat, kalkulus dapat membentuk struktur seperti jembatan yang berbatasan dengan gigi atau menutupi permukaan kunyah dari gigi.

Kalkulus subgingiva

Kalkulus subgingival terletak dibawah gusi biasanya di dalam poket periodontal dan tidak nampak pada permukaan mulut. Batas atau lokasi dan perluasan kalkulus subgingival harus diperiksa dengan alat bernama eksplorer. Bentuk fisik kalkulus subgingival biasanya padat, keras, warna coklat kehitaman, konsistensinya seperti batu dan melekat erat pada permukaan gigi.

Kalkulus supra dan sub gingival mulai tampak pada usia 10 tahun dan meningkat sesuai dengan umur. Tipe supra gingival lebih sering ditemukan dan kalkulus sub gingival jarang ditemukan pada anak-anak. Prevalensi kedua tipe kalkulus ini telah dilaporkan berdasarkan umur bervariasi.

Bagaimana cara menghilangkan kalkulus ?

Dengan melakukan ;
  • Scaling
  • Kuretase, insya Allah akan dibahas lebih lanjut.

2 Responses to "Kalkulus Atau Karang Gigi"

  1. ada nggak hubungannya sama pelajaran "kalkulus" yang integral diverensial itu mas.. wah, "kalkulus" dimana mana memang menyebalkan....!

    ReplyDelete
  2. bagus sekali infonya, tapi boleh minta sumbernya ?

    ReplyDelete