Erosi pada email gigi dan Restorasinya bagian 2 (selesai)



Apa tanda-tanda erosi email?

Tanda-tanda erosi email dapat bervariasi, tergantung tingkatannya. Beberapa diantaranya adalah:

Sensitivitas. Makanan tertentu (permen) dan suhu makanan (panas atau dingin) dapat menyebabkan sengatan rasa sakit yang terjadi pada tahap awal erosi email.
Perubahan warna. Sebagai email terkikis dan nyaris terkena dentin, sehingga gigi mungkin tampak berwarna kuning karena warna dentin tersebut.
Gigi retak dan berlubang. Tepi gigi menjadi lebih kasar, tidak teratur, dan bergerigi seperti mengikis email.
Sensitivitas nyeri. Pada stadium lanjut erosi email gigi menjadikan gigi sangat sensitif terhadap suhu dan permen. Kita mungkin merasa sentakan menyakitkan ketika dilakukan uji tes terhadap permukaan/kavitas gigi

Ketika email terkikis, gigi lebih rapuh sehingga lebih gampang menjadi gigi berlubang atau menderita kerusakan. Ketika kerusakan gigi mencapai hard dentin/email keras, ia memiliki akses/jalan masuk ke bagian utama gigi.

Rongga kecil tidak menimbulkan masalah pada awalnya. Tetapi ketika rongga itu tumbuh dan berkembang menembus gigi, mereka dapat mempengaruhi serabut saraf kecil, mengakibatkan abses yang sangat menyakitkan atau infeksi.

Bagaimana kita mencegah hilangnya email?

Untuk mencegah hilangnya email dan menjaga kesehatan gigi, pastikan untuk sikat gigi dan memakai dental floss/benang gigi setiap hari. Ke dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan. Kita juga dapat mencoba hal berikut:

Menghilangkan makanan yang sangat asam dan minuman dari daftar diet kita seperti soda berkarbonasi, lemon, dan buah jeruk lainnya dan jus. Bilas mulut kita segera dengan air jernih setelah makan makanan asam atau minum minuman asam.
Gunakan sedotan saat kita minum minuman asam. Sedotan mendorong cairan ke bagian belakang mulut kita, dan menghindari gigi kita.
Memantau makanan ringan. Ngemil sepanjang hari meningkatkan kemungkinan kerusakan gigi. Mulut akan menjadi asam selama beberapa jam setelah makan makanan tinggi gula dan pati. Hindari ngemil kecuali jita bisa bilas mulut dan sikat gigi kita.
Mengunyah permen karet bebas gula di antara waktu makan. Permen karet meningkatkan produksi air liur hingga 10 kali aliran normal. Saliva membantu memperkuat gigi dengan mineral penting. Pastikan untuk memilih permen karet bebas gula dengan xylitol, yang terbukti mengurangi asam dalam minuman dan makanan.
Minum lebih banyak air sepanjang hari jika kita memiliki volume air liur yang rendah atau mulut kering.
Gunakan fluoridetoothpaste. Fluoride memperkuat gigi, jadi pastikan fluoride terdaftar sebagai bahan dalam pasta gigi kita.
Bicaralah dengan dokter gigi kita tentang obat kumur fluoride setiap hari jika kita memiliki riwayat gigi berlubang. Selain itu, mintalah dokter gigi kita jika dapat dilakukan fissure sealant sehingga dapat membantu dalam mencegah erosi email dan kerusakan gigi.

Bisakah kita terpapar dengan banyak fluorida?

Ya, itu adalah mungkin bukan hal yang tidak mungkin terpapar dengan terlalu banyak fluoride. Sementara fluorida berguna dalam mencegah kerusakan gigi, terlalu banyak fluoride dapat menyebabkan masalah seperti email fluorosis. Kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak dan menyebabkan cacat pada email gigi.

Anak-anak dengan email fluorosis mungkin telah menelan terlalu banyak fluoride melalui suplemen, atau mereka mengambil suplemen fluoride selain minum air fluoride. Juga, menelan fluoride pasta gigi meningkatkan kemungkinan email fluorosis.

Sebagian besar anak dengan email fluorosis memiliki kondisi ringan yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus yang parah, gigi berubah warna, berlubang, dan sulit untuk tetap bersih.

Bagaimana perawatan email gigi?

Perawatan erosi email tergantung pada tingkat dan jenis masalahnya. Kadang-kadang menambal gigi digunakan untuk melindungi gigi dan meningkatkan penampilan kosmetik.

Jika kehilangan email signifikan, dokter gigi dapat merekomendasikan menutupi gigi dengan mahkota. Mahkota dapat melindungi gigi dari pembusukan lanjut.

 picture copyright : www.umhlangadental.co.za

0 Response to " Erosi pada email gigi dan Restorasinya bagian 2 (selesai)"

Post a Comment