Penyembuhan Setelah Perawatan Periodontal

Setelah anda melakukan pembersihan periodontal/gusi sekitarnya. Apakah itu skeling, kuretase, root planning. Tidak sedikit yang mengalami sedikit luka/trauma akibat pembersihan itu. Sehingga yang menjadi pertanyaan, bagaimana mekanisme sehingga gusi saya bisa menjadi normal kembali? Berikut adalah perjalanan penyembuhannya.

Regenerasi
Pertumbuhan dan diferensiasi dari sel-sel dan substansi intraseluler yang baru membentuk jaringan atau bagian yang baru. Mencakup Fibroblas, froliferasi endothelial, deposisi ground substance intraseluler dan kolagen, hiperplasia epithel dan pematangan jaringan ikat.

Repair
Aktivitas mikroskopik yang berbeda derajatnnya dengan restorasi jaringan periodontal yang rusak yang dideteksi secara klinis dan radiografis Mencakup : Perbaikan kontinuitas marginal gingiva yang terkena penyakit dan menciptakan kembali sulkus gingiva yang normal. Ratcliff menyebutnya sebagai HEALING BUSCARR

Re-attachment
Tertanamnya serat-serta ligamen periodontal baru ke sementum baru dan perlekatan epitel gingiva ke permukaan akar yang sebelumnya tersingkap oleh penyakit. Re –attachment bukan serat-serat yang ada dan melekat kembali, tetapi adalah serat baru yang terbentuk sehingga kadang-kadang di sebut sebagai NEW ATTACHMENT. Mencakup : traumatic tears pada sementum, perbaikan fraktur, perbaikan setelah perawatan lesi periapikal

Re-attachment sering terjadi setelah perawatan periodontal pada saku infra boni bukan pada saku supra boni.

1. Simple healing
Perlekatan gingiva atau ligamentum, periodontal ke daerah tertentu pada gigi dan daerah mana ia disingkirkan sewaktu perawatan/preparasi gigi untuk pembuatan restorasi gigi.
2. Epitelial adaptation
Aposisi rapat dari epitel gingiva ke permukaan gigi tanpa tersumbatnya saku secara tuntas dimana ruang saku tidak dapat dilewati probe periodontal karena rapatnya dinding saku sering disebut LIGHT JUNCTIONAL EPHITELIAL.

0 Response to "Penyembuhan Setelah Perawatan Periodontal"

Post a Comment