Acquired Pellicle

Adalah suatu lapisan yang sangat tipis, tidak berbentuk , meliputi permukaan gigi, juga pada permukaan yang lebih bawah yang dapat diraih oleh saliva. Dapat menjadi pencetus dan lapisan awal terbentuknya plak. Apabila dilihat dengan bahan disclosing, AP (Acquired Pellicle) akan terlihat tipis dan warnanya tampak pucat, Secara umum, pellicle mempunyai lapisan tipis seperti film yang terwarnai dengan baik pada gula dan protein.

Pembentukan AP
Sikat gigi dapat membantu menghilangkan AP maupun bahan lain yang menutupi yang tidak terkalsifikasi pada beberapa menit setelah gigi dibersihkan. AP merupakan lapisan film yang bebas MO dan menutupi permukaan gigi dan mengisi cacat permukaan gigi yang kecil. Dalam beberapa jam akan terbentuk pellicle yang ketebalannya < 1 mikron.

Klasifikasi
Ada 3 jenis AP yang telah didapatkan :
  • Subsurface atau densitic pellicle, yang berhubungan dengan permukaan email.
  • Surface pellicle, permukaan pellicle lebih banyak menutupi permukaan gigi dan pada bagian palatal dan lingual selalu tampak terkalsifikasi.
  • Stain pellicle, selalu lebih tipis dari pada yang lain, ketebalan kurang 1-10 mikron Dari berbagai sumber, akan nampak dengan pandangan mata biasa.

Fungsi
  • AP berperan dalam pembentukan bakteri plak supragingival
  • Masih kurang dimengerti tetapi ia nampak sebagai protektif
  • Dapat memberi fungsi perbaikan, berperan dalam perbaikan lesi karies yang masih dini dengan menutup defek permukaan.

0 Response to "Acquired Pellicle"

Post a Comment