Erosi pada email gigi dan Restorasinya bagian 1



Apa itu email gigi?

Email adalah lapisan tipis yang membungkus gigi. Kulit yang tipis dan keras ini adalah jaringan yang paling keras dalam tubuh manusia. Email meliputi mahkota yang merupakan bagian dari gigi yang terlihat di luar gusi.

Karena email bersifat transparan, kita dapat melihat cahaya yang disorot melalui email. Tapi bagian utama dari gigi, dentin, adalah bagian yang bertanggung jawab untuk warna gigi Kita - apakah putih, sedikit  putih, abu-abu, atau kekuningan.

Kadang-kadang kopi, teh, cola, anggur merah, jus buah, dan rokok memberikan noda pada email di gigi Kita. Kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pembersihan rutin dan polishing dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi dan pastikan gigi Kita tetap sehat.

Apa fungsi email gigi?

Email membantu melindungi gigi Kita dari resiko yang timbul dari penggunaan gigi sehari-hari seperti mengunyah, menggigit, dan menggiling. Meskipun email merupakan jaringan terkeras dari tubuh, email dapat retak. Email juga melindungi gigi dari suhu yang berpotensi merusak gigi.

Tidak seperti patah tulang yang bisa diperbaiki oleh tubuh, sekali gigi menjadi retak atau patah, kerusakan yang ditimbulkan akan bersifat selamanya. Karena email tidak memiliki sel-sel hidup, tubuh tidak dapat memperbaiki pengelupasan atau keretakan email.

Apa yang menyebabkan erosi email?

Erosi gigi terjadi ketika asam merusak email pada gigi. Erosi email dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

Berlebihan dalam mengkonsumsi minuman ringan (tingkat tinggi fosfat dan asam sitrat)
Minuman buah (beberapa asam dalam minuman buah lebih erosif dari asam baterai)
Mulut kering atau aliran saliva rendah (xerostomia)
Diet/Makanan (tinggi gula dan pati)Asam reflux disease (GERD)
Masalah gastrointestinal
Obat-obatan (aspirin, antihistamin)
Genetika (kondisi diwariskan)
Faktor lingkungan (gesekan, keausan, stres, dan korosi)

Apa penyebab lingkungan erosi permukaan gigi?

Gesekan, keausan dan air mata, stres, dan korosi (atau kombinasi dari tindakan ini) dapat menyebabkan erosi permukaan gigi. Istilah klinis yang lebih tepat digunakan untuk menggambarkan mekanisme ini meliputi:

Gesekan. Ini wajar gesekan gigi-to-gigi yang terjadi ketika Kita menggesekkan atau menggiling gigi seperti dengan bruxism, yang sering terjadi secara tidak disengaja saat tidur.
Abrasi. Ini adalah pemakaian dan kerusakan fisik dari permukaan gigi yang terjadi dengan menyikat gigi terlalu keras, flossing yang tidak benar, menggigit benda keras (seperti kuku, tutup botol, atau pena), atau mengunyah tembakau.
Abrasi. Hal ini terjadi dari tegangan fraktur di gigi
Korosi. Hal ini terjadi bila kandungan kimia asam menyentuh permukaan gigi seperti dengan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau vitamin C tablet, makanan tinggi asam, GERD, dan sering muntah seperti bulimia atau alkoholisme.

Temuan menunjukkan bahwa bulimia sebagai penyebab erosi email dan kerusakan gigi. Bulimia adalah gangguan makan yang terkait dengan makan dan muntah. Sering muntah dapat mengikis email gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Saliva memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan email. Tidak hanya air liur meningkatkan kesehatan jaringan tubuh, melindungi email dengan melapisi gigi dengan kalsium pelindung dan mineral lainnya. Air liur juga mencairkan agen erosi seperti asam, menghilangkan bahan limbah dari mulut, dan meningkatkan zat pelindung yang membantu bakteri mulut melawan dan penyakit.

Dalam mulut yang sehat, air liur yang kaya kalsium membantu memperkuat gigi, bahkan jika Kita minum soda atau jus asam.

Apakah erosi email penyebabnya adalah plak?

Plak adalah lapisan lengket terdiri dari air liur, partikel makanan, bakteri, dan zat lainnya. Plak terbentuk di antara gigi dan masuk ke dalam lubang-lubang kecil atau lubang di gigi geraham. Plak juga terdapat di sekitar tambalan rongga dan di samping garis gusi di mana gigi dan gusi bertemu.

Kadang-kadang bakteri dalam plak mengubah pati makanan menjadi asam. Ketika ini terjadi, asam dalam plak mulai menggerogoti mineral yang sehat dalam email gigi. Hal ini menyebabkan email untuk menipis dan berlubang. Seiring waktu, lubang-lubang pada email tumbuh dan berkembang.

picture copyright :www.mysmilemakeover.com

0 Response to "Erosi pada email gigi dan Restorasinya bagian 1"

Post a Comment